Kamis, 05 September 2019

Rangkuman E-commerce

Edit Posted by with 4 comments
Pengertian E-commerce
Ecommerce merupakan suatu teknik pemasaran atau penjualan barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi. E-commerce pada awalnya merupakan perdagangan elektronik sebatas pengiriman dokumen komersial saja, kemudian e-commerce berkembang menjadi perdagangan berbasis web.

Jenis-jenis E-commerce 
1. jenis E-commerce secara umum 
  •  E-commerce bisnis ke konsumen
  •  E-commerce bisnis ke bisnis
2. jenis E-commerce berdasarkan jenis aplikasasinya
  •  I-market
  •  Customer care
  •  Extended supply chain
  •  Vendors management
Manfaat dan Tujuan E-commerce 
  •    Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar) 
  •    Menurunkan biaya operasional (operating cost)
  •    Melebarkan jangkauan (global reach)
  •    Meningkatkan customer loyalty
  •    Meningkatkan supply management
  •    Memperpendek waktu produks 
keuntungan dan kelemahan dari E-commerce 
 1. Keuntungan E-commerce bagi produsen 
  •  Memberikan kepada produsen untuk meningkatkan pemasaran produk/servisnya secara global
  •  Mengurangi penggunaan kertas di berbagai aktivitas
  •  Mengurangi waktu delay dari pengiriman dan penyimpanan 
 2. Keuntunga bagi konsumen  
  •  Memberikan kesempatan konsumen dapat menggunakan sebuah produk yang di hasilkan dari  belahan dunia.
  •   Memberkan kesempatan konsumen untuk mendapatkan produk terbaik dari berbagai pilihan    yang ada.
  •   Memberikan kesempatan bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya dari produsen    untuk  berinteraksi, berdiskusi dan bertukar pengalaman. 
 3. Keuntungan bagi Masyarakat dan Pemerintah
  •   Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktivitas dirumah menggunaka internet
  •   Meningkatkan daya beli
  •   Mengurangi pengangguran
Kekurangan  dari  e-commerce
  •   . Perusahaan akan kehilangan dari segi finansial secara langsung
  •   . Adanya pencurian informasi yang sangat rahasia dan berharga
  •     Kehilangan kesempatan bisnis atau kerugian pelanggan karena gangguan pelayanan.
  •     Adanya  pengaksesan kesumber pihak yang tidak berhak
  •     Dapat kehilangan kepercayaan dari para konsumen
  •     Terjadinya kerugian yang tidak terduga duga.

contoh soal
A
1. E-commerce merupakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi       bisnis dan aliran kerja. Merupakan pengertian e-commers ditinjau dari segi prespektif....

a. komunikasi
b. proses bisnis
c. layanan
d. online 
e. pemasaran

JAWABAN : b. proses bisnis

2. Market exposure atau pangsa pasar merupakan .... dari e-commerce.

a. tujuan
b. manfaat
c. keuntungan 
d. hambatan
e. jenis

JAWABAN : b. manfaat 

3 E-commerce yang mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dengan konsumen akhir produk disebut e-commerce....

a. business to business
b. busines to consumer
c. consumer to consumer
d. i-market
e. business to goverment 

JAWABAN : b. business to consumer 

4. Suatu usaha dari perusahaan untuk menjalin hubungan interaktif dengan pelanggan atau konsumen yang telah dimilikinya disebut....

a. i-market
b. customer care
c. extended supply chain
d. vendors management
e. e-commerce

JAWABAN : b customer care 

5.  Suatu tempat atau arena di dunia maya di mana calon pembeli dan penjual saling bertemu untuk melakukan transaksi secara elektronik melalui media internet, yaitu ....

a. e-commerce
b. e-bussiness
c. customer care
d. e-advertising
e. i-market

JAWABAN : c. customer care 

B

1. Jelaskan mengenai e-commerce dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)!

jawab : Transaksi online yang membuat semua orang diseluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual dengan hanya melalui media komputer dan tidak terbatas jarak dan waktu.

2. Siapa saja pihak-pihak yang diuntungkan dengan adanya e-commerce?
  
jawab : - Keuntungan e-commerce bagi produse             
             - Keuntungan e-commerce bagi konsumen
             - Keuntungan e-commerce bagi masyarakat dan pemerintah

 3. Jelaskan apa yang dimaksud repudiation! 

jawab : penolakan terhadap suatu aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

4. Sebutkan empat tahap-tahap dalam daur hidup produk!

jawab : - Tahap perkenalan
             - Tahap pertumbuhan
             -Tahap kedewasaan 
             -Tahap kemunduran

5. Sebutkan pilihan untuk menempatkan web server terkait firewall!

jawab : - Web server ditempatkan di luar dari firewall
            - Web server didalam firewall
            - Menggunakan dua firewall
     

4 komentar: